Wednesday, February 27, 2019

Penyebab Kaki Bengkak saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Pada sebagian wanita hamil dapat mengalami pembengkakan pada bagian tubuh tertentu atau edema. Pembengkakan pada kaki tak jarang membuat ibu hamil tak nyaman dan sulit beraktivitas. 

Apa penyebabnya ?
Bagaimana Cara Mengatasinya?

Simak Ulasannya berikut ini !!

Kaki bengkak saat hamil sebenarnya adalah hal yang wajar dan normal. Ibu hamil umumnya mengalami pembengkakan pada bagian lutut ke bawah. Selain itu, bisa juga terjadi pembengkakan pada wajah atau tangan. 
Image result for penyebab kaki bengkak saat hamil
Kaki Bengkak Saat Hamil

Penyebab umum
dari terjadinya pembengkakan kaki tersebut adalah berkumpulnya cairan dan menjadi tertahan di dalam tubuh. Jika tidak diikuti dengan gejala lainnya, pembengkakan pada kaki, mata kaki dan organ tubuh lainnya pada ibu hamil terbilang wajar dan normal. Kebanyakan bengkak pada ibu hamil tidak akan menimbulkan keluhan apa-apa kecuali pegal dan perasaan tidak nyaman pada kaki. Mungkin kaki Ibu seketika membengkak saat berdiri agak lama atau cincin di jari Ibu tiba-tiba terasa sempit. Di trimester akhir kehamilan, pembengkakan ini bisa membuat Ibu merasa tidak nyaman, juga mengganggu tidur Ibu karena Ibu mungkin akan mengalami susah bergerak ataupun kegerahan.

Kaki ibu hamil mengalami bengkak dan hal tersebut merupakan masalah kehamilan yang wajar terjadi. Kaki bengkak saat hamil bisa terjadi saat usia kehamilan menginjak usia 24 minggu atau bisa juga terjadi saat usia kehamilan menginjak usia 28 minggu ke atas. Namun apabila pembengkakan ini terjadi berlebihan, sebaiknya Ibu segera konsultasikan kondisi ini dengan dokter. Karena tidak menutup kemungkinan tekanan darah Ibu juga meningkat. 

Did you know? "Bengkak yang ada di kaki, tangan, atau wajah Ibu yang disertai sakit kepala, pandangan kabur, nyeri ulu hati (heartburn), dan tekanan darah tinggi dan/atau kejang harus Ibu waspadai karena dapat mengarah kepada keadaan yang disebut dengan pre-eklampsia."


Berikut selengkapnya uraian dari Penyebab Kaki Bengkak saat Hamil 

Banyak hal yang bisa menyebabkan ibu hamil terkena bengkak di kakinya, sayangnya tidak semua ibu hamil menyadari semua penyebab dari bengkak kaki saat hamil. Berikut ini berbagai penyebab kaki bengkak saat hamil yang perlu diketahui :

1. Beban Yang Berat

Pembengkakan pada kaki bisa diakibatkan oleh kaki yang menerima beban lebih berat dibandingkan sebelumnya. Hal itu dikarenakan saat hamil, berat badan ibu hamil akan meningkat tajam, seiring perkembangan janin selama kehamilan. Berat badan yang meningkat itu membuat tubuh ibu hamil membebani kaki. Kaki yang disuruh menanggung beban yang berat akan mengalami pembengkakan.

2. Kaki Banyak Cairan

Selama hamil, rahim akan semakin membesar. Besarnya rahim tersebut menyebabkan cairan tertimbun di dalam kaki 30 persen lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Penimbunan cairan di kaki itu menyebabkan kaki bengkak saat hamil.

3. Aliran Darah Tidak Lancar

Salah satu hal yang menyebabkan kaki menjadi bengkak saat hamil adalah pembuluh darah balik yang ada di kaki menjadi tersumbat dan terhambat. Pembuluh yang tersumbat itu menyebabkan aliran darah ke jantung juga mengalami gangguan. Akibatnya pembuluh darah yang tersumbat itu akan menimbulkan bengkak pada kaki. Aliran darah tidak lancar bisa menjadi indikasi terjadinya hipertensi dalam kehamilan yang harus diwaspadai.

4. Kurang Gerak

Ibu hamil dengan usia 24 minggu ke atas yang kebanyakan duduk dan tidak banyak bergerak akan menyebabkan kakinya bengkak. Hal itu dikarenakan aliran darah di kaki menjadi tidak lancar sehingga mengalami pembengkakan. Maka dari senam hamil sangat baik dilakukan ketika tengah hamil tua.

Apakah Kaki Bengkak Saat Hamil Berbahaya ??
Bengkak pada kaki ibu hamil sebenarnya tidak bahaya, asalkan tidak diikuti dengan tanda-tanda bahaya. Bengkak pada ibu hamil selama masih dalam tahap normal bisa diatasi. Akan ada tanda bahaya dimana kaki bengkak yang normal terjadi menjadi bahaya bagi ibu hamil. Kaki bengkak tidak akan berbahaya jika tidak diikuti dengan tanda-tanda bahaya. 

Berikut ini tanda-tanda kaki bengkak pada ibu hamil yang sudah berbahaya :

  • Otot kaki terlihat menonjol . Ketika Anda menemukan fakta bahwa kaki bengkak selama kehamilan ternyata disertai dengan tonjolan otot yang keluar, waspadai hal ini berubah menjadi varises. Varises merupakan sebuah kelainan dimana penderitanya memiliki kondisi kaki dengna otot yang menonjol keluar. Kemungkinan penyebab lain dari varises selain kaki bengkak selama hamil adalah kebiasaan menekukkan kaki setelah selesai olah raga lari.

  • Merasakan nyeri dan panas
    Jika ternyata kaki bengkak selama kehamilan disertai dengan rasa panas dan juga nyeri, hal itu bukan sebuah kondisi yang normal. Ibu hamil harus segera memeriksakan diri ke dokter guna mengetahui hal pasti yang menyebabkan kaki membengkak disertai tanda lain seperti rasa nyeri dan panas.

  • Selulitis
    Selulitis merupakan kondisi infeksi kulit yang bisa terjadi pada ibu hamil dengan ciri bengkak berwarna merah, gatal, dan nyeri. Tidak sampai di situ, bengkak ini bisa menjalar ke area paha. Ini juga merupakan salah satu bahaya kaki bengkak saat hamil.

  • Trombosis
    Trombosis ini memiliki penampakan yang serupa dengan varises, di mana otot kaki terlihat menonjol ke luar. Perbedaannya akan terlihat ketika tonjolan otot ini disentuh dan akan terasa panas. Tidak berhenti sampai di situ, ketika kaki digunakan untuk berjalan, akan terasa nyeri.

Itulah beberapa
bahaya yang mungkin terjadi jika bengkak pada kaki saat hamil disertai dengan gejala-gejala yang tidak wajar atau berlebihan. Oleh sebab itu, untuk menghindari bahaya tersebut sangat dianjurkan bagi para ibu yang mengalami kaki bengkak saat hamil untuk segera melakukan pemeriksaan dan penanganan jika gejala yang dirasa cukup mengkhawatirkan.


Cara Mengatasi Kaki Bengkak saat Masa Kehamilan  


Untuk mengurangi efek samping dan bahaya kaki bengkak saat hamil, selain disertai dengan konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil, kami menyarankan beberapa tips yang bisa ibu lakukan untuk mengurangi dan meredakan sakit yang mungkin muncul untuk meminimalisir dampak dari bahaya kaki bengkak saat hamil. Simak ulasan singkat tipsnya berikut ini !  Klik gambar 👇👇 

Cara Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil, Alami dan Aman 



Pesan Obat Kaki Bengkak Via 👇👇



EmoticonEmoticon