Wednesday, January 16, 2019

Buah-Buahan yang Baik untuk Ginjal

Tags


Buah-Buahan yang Baik untuk GinjalBuah memberi tubuh kita serat, vitamin, mineral, tapi beberapa buah-buah memberikan nutrisi yang labih dariapa yang lainnya, semisal menjaga kondisi kesehatan ginjal. Nah di tulisan ini Anda akan mengetahui buah-buahan apa saja yang baik untuk ginjal.

Secara umum, carilah buah yang kaya akan antioksidan–seperti flavonoid dan vitamin, A, C, dan E–dan rendah kalsium. Jika Anda menderita batu ginjal, atau penyakit ginjal kronis, lakukan konstultasi dengan dokter mengenai buah yang baik untuk dikonsumsi.

Organ ginjal kita memiliki dua buah, bentuknya seperti kaca, sebagian organ ginjal ini dilindungi oleh tulang rusuk bagian belakang. Fungsinya melakukan filtrasi terhadap racun dari aliran darah dan mengatur kadar air dan garam dalam tubuh.

Ginjal pun mengatur tekanan darah dan keseimbangan pH, atau asam dan basa tubuh. Mengonsumsi banyak buah bisa membantu menyeimbangkan tingakat pH, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan peradangan dalam tubuh, dan melindungi tubuh terhadap kanker dan penyakit jantung.

Inilah buah-buahan yang baik untuk organ ginjal


ntuk ginjal yang sehat, sertakan buah-buahan dalam diet Anda yang tinggi serat dan anti-inflamasi.


  • Apel dapat mengurangi kolesterol dan membuat Anda menjaga kadar kolesterol.
  • Anggur merah mengandung flavonoid yang dikenal sebagai resveratrol, yang dapat mengurangi peradangan dengan meningkatkan relaksasi otot di pembuluh darah. 
  • Cranberry menjaga urine Anda lebih asam sehingga bisa membantu mencegah infeksi saluran kemih, yang dapat menyebabkan infeksi ginjal.
  • Blueberry dan raspberry mengandung vitamin C dan mangan, serta anthocyanin, senyawa antioksidan dengan sifat anti-inflamasi. 
  • Stroberi dan ceri keduanya mengandung antioksidan yang melindungi jantung Anda.

Batu ginjal


Jika Anda memiliki batu ginjal, yang disebabkan ketika mineral dalam urin Anda mengikat bersama, buah yang mengandung kalium tinggi - seperti pisang - dapat membantu, menurut para ahli di Linus Pauling Institute. Segelas jus jeruk setiap hari dapat menurunkan keasaman dalam urin dan membantu mengurangi pertumbuhan batu ginjal, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam "Jurnal Klinis American Society of Nephrology."

Penyakit ginjal kronis


Hindari mengonsumsi jeruk dan pisang jika Anda memiliki penyakit ginjal kronis. Salah satu tugas ginjal adalah menjaga kadar kalium sehat dalam darah untuk mengatur detak jantung dan menjaga otot bekerja dengan normal.

Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, kadar kalium bisa menjadi sangat tinggi, yang dapat menyebabkan detak jantung tidak normal atau bahkan serangan jantung. Buah-buahan dengan kalium tinggi yang harus dihindari adalah kiwi, melon, nektarin, aprikot, mangga, pepaya, prem, kismis, dan buah kering lainnya. Terutama, hindarilah belimbing karena kandungan asam oksalatnya yang tinggi.


EmoticonEmoticon