Wednesday, March 20, 2019

5 Bahan Alami Obat Kelenjar Getah Bening Bengkak / Obat Herbal Kelenjar Getah Bening Bengkak

Inilah 5 Bahan Alami Rumahan yang Dapat dijadikan Obat Kelenjar Getah Bening Bengkak / Obat Herbal Kelenjar Getah Bening Bengkak


Kelenjar getah bening yang membengkak tidak melulu harus mendapatkan penanganan medis. Jika memang kondisi masih terbilang ringan maka pengobatan dengan cara alami yang memanfaatkan herbal olahan rumah pun dapat dilakukan. Seperti hal nya berbagai bahan alami ini yang dapat dijadikan obat kelenjar getah bening bengkak. 

Sekilas mengenai Kelenjar Getah Bening Bengkak

Pembengkakan kelenjar getah bening (lymphadenopathy) merupakan kondisi ketika kelenjar getah bening atau gumpalan jaringan sebesar kacang yang berisi sel darah putih mengalami pembesaran.
Sebenarnya kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia yang bisa membantu melawan infeksi, baik disebabkan oleh bakteri, virus, atau lainnya. 
Image result for Kelenjar Getah Bening Bengkak
Kelenjar Getah Bening Bengkak

Penyebab Kelenjar Getah Bening Bengkak

Sebagian besar kasus adenopati disebabkan oleh infeksi virus atau infeksi bakteri. Sering kali, pembengkakan terjadi di dekat bagian tubuh yang terinfeksi. Misalnya, pembengkakan yang terjadi di sekitar leher biasanya disebabkan oleh infeksi tenggorokan.

Penyakit lain akibat infeksi virus, bakteri, dan jamur yang bisa menyebabkan adenopati adalah sebagai berikut:

Hal lain yang juga bisa menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening adalah cedera, atau penggunaan obat-obatan tertentu seperti dilantin (obat pencegahan malaria).


Tanda Gejala yang harus di waspadai !


Biasanya ketika terjadi infeksi, kelenjar getah bening akan membengkak untuk memberikan tanda. Setelah infeksi mereda, kelenjar getah bening akan mengempis dengan sendirinya.

Meskipun begitu, Anda harus tetap mewaspadai pembengkakan kelenjar getah bening karena kondisi ini juga bisa disebabkan oleh kondisi yang tergolong serius. Temuilah dokter apabila:
  • Kelenjar getah bening terasa keras saat ditekan.
  • Kelenjar getah bening membengkak tanpa sebab yang jelas disertai badan yang terasa lemah.
  • Kelenjar getah bening telah membengkak lebih dari dua minggu dan/atau disertai dengan ukuran yang membesar.
  • Anda mengalami demam yang tidak kunjung mereda.
  • Anda selalu berkeringat di malam hari.
  • Anda mengalami penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.
  • Anda mengalami sakit tenggorokan yang menyebabkan sulit menelan atau bernapas.

Pada dasarnya, kelenjar getah bening terdapat di seluruh tubuh kita, namun kondisi pembengkakan biasanya hanya terjadi di area ketiak, leher, di bawah dagu, dan di pangkal paha.

Cara Alami Mengobati Pembengkakan Kelenjar Getah Bening 


Inilah 5 Bahan Alami Rumahan yang Dapat dijadikan Obat Kelenjar Getah Bening Bengkak / Obat Herbal Kelenjar Getah Bening Bengkak


Berikut ini kami jelaskan beberapa obat kelenjar getah bening bengkak yang alami dan mudah digunakan. Tapi perlu diingat ya, obat paling efektif adalah disesuaikan dengan penyebabnya, beberapa pengobatan di bawah ini bersifat umum dan sebaiknya hal ini tidak menggantikan pengobatan yang diberikan oleh dokter Anda. Hal terbaik adalah menanyakan kepada dokter mengenai pengobatan atau bahan apapun yang hendak digunakan untuk mengobati kelenjar getah bening yang bengkak. 

Berikut 5 Solusi alami obat kelenjar getah bening bengkak rumahan yang bisa membantu:

1. Air Garam. 

Air garam dapat digunakan sebagai obat kelenjar getah bening bengkak. Hal tersebut dikarenakan garam memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi inflamasi (peradangan) dan mempercepat proses penyembuhan. 
    Image result for air garam
  • Cara membuatnya yaitu:Masukkan setengah sendok garam ke dalam segelas air hangat, lalu aduk hingga tercampur rata.Setelah itu, gunakanlah air garam tersebut sebagai obat kumur.Lakukanlah proses tersebut beberapa kali dalam sehari.
  • Cocok digunakan untuk pembengkakan kelenjar getah bening pada daerah bawah rahang, dagu, atau amandel akibat berbagai masalah pada rongga mulut.


2. Air Hangat. 

Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh membengkaknya kelenjar getah bening pada amandel dapat membuat Anda kehilangan selera dan nafsu makan. 
    Related image
  • Cobalah untuk menggunakan air hangat sebagai kompres pada kelenjar getah bening yang bengkak, caranya pun sangat mudah, yaitu:Siapkan semangkuk air hangat.Lalu, celupkan kain lap atau handuk ke dalam air hangat dan peras.Letakkan kain lap hangat tersebut pada kelenjar getah bening yang membengkak pada daerah leher atau dibawah rahang belakang selama 5 sampai 10 menit.
  • Ulangi beberapa kali sehari sampai pembengkakan hilang.Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak zaitun atau minyak alami lainnya ke dalam air hangat.


3. Bawang Putih. 

Image result for bawang putih
Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi pembengkakan pada kelenjar getah bening. Selain itu, bawang putih mengandung senyawa Allicin yang mampu menghilangkan tumpukan bakteri di tenggorokan atau leher. 

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan obat alami ini, yaitu:
  • Cara pertama adalah dengan memakan langsung sebanyak 2 sampai 3 siung bawang putih setiap hari.Bagi Anda yang tidak suka mengonsumsi langsung, bawang putih juga dapat dimasukkan ke dalam menu masakan harian Anda.
  • Alternatif cara lain adalah dengan memijat menggunakan minyak bawang putih selama beberapa menit.Lakukan pemijatan tersebut sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.
  • Anda juga dapat meminum suplemen bawang putih setiap hari, namun tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.


4. Teh Kamomil. 

Sudah lama teh kamomil digunakan untuk membantu mengatasi kelenjar getah bening bengkak. Selain itu, mengonsumsi teh kamomil setiap hari dapat menghindarkan Anda dari pengaruh stres dan kecemasan yang berlebihan. 
    Related image
  • Cara menggunakan teh kamomil sebagai obat kelenjar getah bening yaitu:Masukkan bunga chamomile kering atau kantung teh kamomil ke dalam segelas air panas.
  • Setelah itu, tutup gelasnya dan diamkan hingga 10 menit.Untuk meningkatkan cita rasa, Anda dapat menambahkan beberapa sendok madu atau perasan lemon sebelum meminumnya.


5. Jahe. 

Image result for jahe
Jahe merupakan obat herbal yang sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya sebagai obat kelenjar getah bening bengkak. Dalam hal ini jahe memiliki sifat antioksidan yang dapat mengeluarkan lendir dari dalam tenggorokan. Selain itu, jahe juga mengandung banyak nutrisi yang mampu menangkal zat kimia beracun sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Adapun cara yang dapat dilakukan, yaitu :
  • Bersihkan jahe dengan menggunakan air bersih.Potong kecil-kecil dan masukkan ke dalam segelas air hangat.
  • Diamkan selama 3 sampai 5 menit, lalu minum untuk membantu mengurangi peradangan akibat membengkaknya kelenjar getah bening.


Itulah beberapa diantaranya bahan alami yang dapat dijadikan sebagai obat kelenjar getah bening bengkak yang simple dan mudah diolahnya.

Namun selain itu ada lagi sejenis bahan herbal yang terbukti khasiatnya dalam mengobati kelenjar getah bening bengkak secara efektif, yaitu Teripang Emas. 

Teripang Emas adalah sejenis hewan laut yang mana khasiat dari kandungannya itu sudah dipercayai mampu mengatasi berbagai keluhan termasuk kelenjar getah bening yang membengkak. Dimanakah kita mendapatkan Teripang emas ini ?

Bukan kita mencari ke lautan ya,. Karena khasiat kandungan Teripang emas ini kini bisa anda dapatkan dengan mudah.
Karena bahan herbal ini sudah banyak digunakan di berbagai produk herbal, salah satunya yang paling terkenal dan sudah terpercaya di masyarakat adalah QnC Jelly Gamat.




Artikel Terkait : Obat Kelenjar Getah Bening Menahun                                    Cara Menghilangkan Kelenjar Tiroid 




EmoticonEmoticon