Tuesday, January 8, 2019

Cara Mengatasi Kepala Pusing Seperti Berputar

Cara Mengatasi Kepala Pusing Seperti Berputar


Apakah anda pernah merasakan kepala pusing seperti berputar ? Ataukah mungkin saat ini anda sedang merasakannya ? Dan saat ini anda seddang mencari cara untuk mengatasi atau mengobatinya?

Selamat, anda berada di halaman yang tepat. Karena pada artikel kali ini kami akan membahas informasi mengenai cara mengatasi kepala pusing seperti berputar dengan mudah. Yuk simak ulasannya berikut ini !

Vertigo

Pusing adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan berbagai sensasi yang dialami, seperti limbung, kehilangan keseimbangan, atau seperti akan pingsan. Pusing dapat dialami oleh berbagai usia, namun umumnya dirasakan oleh orang dewasa. Kepala pusing seperti berputar merupakan salah satu gejala vertigo. Penderita vertigo mengalami pusing disertai dengan sensasi dirinya / lingkungan terasa berputar dan dapat disertai dengan mual, muntah, kehilangan keseimbangan, maupun sulit berdiri / berjalan. 

Vertigo


Vertigo merupakan gangguan keseimbangan yang disebabkan oleh kelainan dalam proses pengiriman sinyal saraf dari mata menuju otak, untuk kemudian diteruskan ke telinga bagian dalam. Dalam hal ini, mata yang menentukan arah peregerakan tubuh mengirim sinyal ke otak melalui saraf indera dengan bantuan telinga bagian dalam yang mendeteksi pegerakan. Ketika sinyal dari telinga bagian dalam tidak selaras dengan sinyal yang diterima otak, maka timbul vertigo  dengan gejala pusing yang berputar 

Selain pusing berputar, vertigo juga dapat disertai dengan gejala lain, seperti:
  • Mual
  • Muntah
  • Pergerakan bola mata yang tidak normal (nistagmus)
  • Berkeringat
  • Hilangnya pendengaran
  • Tinnitus

Penyebab Vertigo 

Pada dasarnya, vertigo muncul karena adanya gangguan pada telinga atau otak. Maka dari itu, beberapa kondisi di bawah ini juga dapat menyebabkan vertigo:
  • Cholesteatoma, yaitu kondisi di mana terjadi pertumbuhan kulit yang tidak normal pada telinga, tepatnya di balik gendang telinga. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi telinga yang terus kambuh.
  • Otosclerosis, yaitu kondisi di mana terjadi pertumbuhan tulang yang tidak normal pada telinga.
  • Stroke, yaitu gangguan pada pasokan darah ke otak yang disebabkan karena adanya perdarahan atau penggumpalan darah.
  • Fistula perilymphatic, yaitu kondisi di mana terjadi robekan pada dinding pemisah telinga bagian dalam dan telinga bagian tengah. Robekan ini menyebabkan cairan yang ada di telinga bagian dalam dapat berpindah ke telinga bagian tengah.
  • Neuroma akustik, yaitu tumor jinak pada saraf penghubung otak dan telinga bagian dalam.
  • Multiple sclerosis, yaitu kondisi di mana sistem imun secara keliru menyerang lapisan pelindung saraf otak dan tulang belakang. Lapisan pelindung yang rusak akan mengganggu proses pengiriman sinyal dari otak ke seluruh tubuh.
  • Penyakit Parkinson, yaitu kondisi yang ditandai dengan pergerakan dan keseimbangan tubuh yang tidak normal, akibat adanya gangguan pada fungsi otak.
  • Migrain. Kondisi di mana menyebabkan penderitanya mengalami sakit kepala di salah satu sisi.
  • Diabetes. Diabetes dapat menyebabkan komplikasi berupa pengerasan arteri dan penurunan pasokan darah ke otak. Akibatnya, fungsi otak terganggu.
  • Kehamilan. Vertigo dapat muncul pada ibu hamil. Umumnya, hal itu disebabkan karena perubahan hormon, penurunan kadar gula darah, dan penyempitan pembuluh darah selama masa kehamilan.
  • Malformasi Chiari, yaitu kondisi di mana jaringan otak turun ke saluran tulang belakang. Hal itu menyebabkan gangguan pada fungsi otak.
  • Sifilis. Sifilis merupakan infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri. Infeksi ini dapat menimbulkan gejala hilangnya pendengaran, pusing, dan memicu vertigo.
  • Gangguan kecemasan. Rasa cemas dan panik dapat memicu munculnya vertigo, dan stres berpotensi memperburuk vertigo yang diderita.
  • Tumor otak. Tumor pada otak kecil (serebelum) dapat menimbulkan vertigo.
  • Alergi. Vertigo dapat menjadi salah satu gejala yang muncul ketika seseorang mengalami alergi.
  • Cedera kepala dan leher. Kondisi ini juga dapat menimbulkan vertigo, apabila benturan menyebabkan kerusakan pada otak atau telinga bagian dalam.

Untuk menghindari terjadinya vertigo, maka hal penting adalah mengetahu berbagai penyebabnya seperti yang sudah disebutkan diatas. Nah, jika sudah mengetahuinya tentunya kita akan lebih berhati-hati dan akan lebih menjaga kesehatan tubuh kita.

Pengobatan Kepala Pusing Berputar


Pengobatan untuk mengatasi pusing seringkali akan disesuaikan dengan penyakit yang mendasarinya. Salah satu metode pengobatan pusing yang bisa dilakukan oleh dokter adalah melalui pemberian obat. Dokter dapat memberikan obat pengurang rasa pusing (misalnya golongan antikolinergik), antimual, antikecemasan (misalnya diazepam dan alprazolam), diuretik (terutama untuk penderita penyakit Meniere), serta obat untuk mencegah migrain. Dokter juga mungkin akan meresepkan obat golongan antihistamin untuk mengatasi rasa pusing yang disebabkan oleh vertigo.

Vertigo juga dapat diobati dengan cara melakukan terapi yaitu Terapi rehabilitasi vestibular (VRT). Terapi ini dilakukan jika keluhan yang dialami adalah pusing dan kesulitan menjaga keseimbangan tubuh. Ini adalah jenis terapi fisik untuk memperkuat sistem vestibular. Secara fungsi, sistem vestibular berperan dalam menjaga keseimbangan, koordinasi, serta kontrol pergerakan tubuh.

Dan jika kondisi vertigo yang kronis atau parah, biasanya langkah yang diambil adalah tindakan Operasi. Jika vertigo disebabkan oleh masalah mendasar yang lebih serius, seperti tumor atau cedera pada otak atau leher, operasi dapat dilakukan untuk membantu meringankan bahkan menyembuhkan penyakit ini.

Cara Mengatasi Kepala Pusing Seperti Berputar


Namun sebelum melakukan pengobatan medis, jika memang kondisi masih cukup ringan kami sarankan anda untuk melakukan penanganan secara mandiri terlebih dahulu. Seperti dengan langkah-langkah berikut.

Langkah-langkah Sederhana untuk Mengatasi Pusing

Pusing yang tidak disertai gejala lain umumnya tidak membutuhkan penanganan medis. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sendiri untuk mengatasinya, yaitu:
  • Jangan berdiri secara tiba-tiba. Pusing sering muncul akibat Anda berbaring atau duduk lalu berdiri secara tiba-tiba.
  • Batasi konsumsi kafein, minuman keras dan rokok. Unsur-unsur ini dapat memperparah gejala pusing.
  • Banyak minum. Ini dapat menyembuhkan sekaligus mencegah pusing akibat kepanasan dan dehidrasi.
  • Makan secara teratur. Banyak orang yang merasa pusing dan bahkan pingsan karena melewatkan makan pagi.
  • Segera duduk atau berbaring ketika merasa akan pingsan atau kehilangan keseimbangan.

Pusing memang sering sembuh dengan sendirinya, tapi terkadang juga dapat megindikasikan adanya penyakit yang lebih serius. Jika Anda menderita pusing yang parah, muncul tanpa sebab yang jelas, terjadi berulang kali, atau dengan durasi yang lama, periksakanlah diri Anda ke dokter. 

TIPS LAIN Langkah Efektif Mengatasi Kepala Pusing Seperti Berputar secara Alami  


Selain dengan berbagai langkah penanganan yang kami rekomendasikan diatas, kamipun memberikan tips paling efektif untuk menagatasi kepala pusing seperti berputar (vertigo). Cara alami yang lebih efektif yaitu dengan menggunakan ramuan herbal secara teratur mengkonsumsinya, Herbal ini merupakan bahan alami yang kaya akan kandungan dan senyawa aktif yang baik untuk membantu mengobati kepala pusing berputar. Selengkapnya.... 





Belanja Gratis Ongkir,, Klik !!


EmoticonEmoticon